Categories
Uncategorized

5 Tips untuk Kamu yang Sulit Tidur Malam Hari


Ilustrasi tidur. Foto: Shutterstock

5 Tips untuk Kamu yang Sulit Tidur Malam Hari

Hi!Pontianak – Sulit tidur di malam hari kadang membuat jengkel, terlebih lagi esok harinya akan ada acara penting yang mengharuskan untuk bangun pagi. Sulit tidur diakibatkan oleh banyak faktor seperti stres, terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein, kebiasaan bergadang, dan lain sebagainya.

Walaupun sudah mencoba untuk tidur, namun mata rasanya tidak ingin terpejam. Nah, untuk kamu yang kesulitan tidur saat malam hari, mungkin 5 tips ini bisa membantumu untuk tidur lebih awal. Berikut di antaranya:

1. Tentukan Jam Tidur

Kamu perlu untuk menentukan jam tidur agar tidurmu lebih teratur. Misalnya, kamu menentukan jam tidurmu pada jam 10, maka lakukanlah dengan konsisten setiap malam. Hal yang dilakukan berulang kali akan menjadi sebuah kebiasaan. Nah, tips ini boleh kamu coba agar jam tidur malammu lebih teratur.

2. Hindari Tidur Siang Berlebihan

5 Tips untuk Kamu yang Sulit Tidur Malam Hari (1)
Ilustrasi tidur. Foto: Shutterstock

Beberapa orang merasa ngantuk saat siang hari dan memutuskan untuk tidur siang. Namun, kamu juga harus batasi jam tidur siangmu agar tidak berlebihan dan tidak mengganggu kualitas tidur malam. Sebaiknya, hindari tidur siang lebih dari 30 menit. Dengan begitu, kualitas tidurmu pada malam hari akan meningkat.

3. Jauhkan Gadget

Gadget menjadi faktor yang paling sering membuat beberapa orang sulit tidur pada malam hari. Gangguan suara notifkasi membuat beberapa orang langsung mengecek gadget. Jika kamu kesulitan untuk tidur karena faktor ini, kamu perlu jauhkan gadget dari tempat tidurmu. Kamu juga bisa matikan gadget atau atur dengan mode ‘do not disturb’.

4. Mandi Air Hangat

Sebelum tidur, kamu bisa mandi dengan air hangat. Berendam di bak mandi atau berdiri di bawah shower. Mandi dengan air hangat akan meningkatkan suhu tubuh, kemudian suhu tubuh akan menurun saat kamu keluar dari kamar mandi. Penurunan suhu tubuh ini lah yang akan membuat kita lebih cepat mengantuk.

5. Matikan Lampu Kamar

Saat kamu sulit tidur di malam hari, kamu bisa mencoba untuk mematikan lampu kamar. Banyak manfaat dari mematikan lampu kamar saat tidur, salah satunya adalah membuat tubuh dapat beristirahat dengan baik. Mematikan lampu kamar saat ingin beristirahat dapat menaikan kadar hormon melatonin yang dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Sumber Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *