Categories
Uncategorized

Antisipasi Mesin Mobil Mati Mendadak Ketika Lewat Rel Kereta


Rel Kereta Api Pramuka Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Mesin mobil bisa mati mendadak saat melintasi rel kereta ternyata benar adanya. Ini seperti dijelaskan peneliti laboratorium motor bakar LIPI Bandung, Arifin Nur.

Menurutnya, kerja komponen mesin mobil bisa terganggu akibat gaya elektrostatis yang muncul karena kereta yang melintas. Gaya tersebut bisa mengacaukan tegangan ECU (Electronic Control Unit) yang menjadi ‘otak’ dari operasi mobil.

Antisipasi Mesin Mobil Mati Mendadak Ketika Lewat Rel Kereta (1)
Pemotor nekat gunakan jalan pintas pinggir rel. Foto: Helmi Afandi/kumparan

Ketika ECU terpapar gaya elektrostatis, tegangannya bisa lebih rendah atau tinggi melewati ambang batas. Sehingga mengakibatkan mesin mati, susah dihidupkan, menyebabkan mogok, dan paling parah berpotensi tertabrak kereta lantaran terjebak di tengah rel.

Untuk itu Arifin mengemukakan cara sebagai langkah antisipasi mesin mobil mati mendadak. Utamanya bertindak hati-hati, hindari menerobos palang perlintasan, dan sebisa mungkin menjaga jarak tidak terlalu dekat dengan rel.

“Jika palang pintu sudah berbunyi waspada, jangan memaksakan melintasi rel, karena semakin dekat kereta listrik, medan elektrostatis semakin besar,” katanya kepada kumparan, Jumat (18/12).

Antisipasi Mesin Mobil Mati Mendadak Ketika Lewat Rel Kereta (2)
Rel kereta api di Jatinegara Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir

Berikutnya menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Idealnya tunggu sampai hampir seluruh badan mobil yang ada di depan bisa melintasi rel, baru Anda lewat. Hal ini sebagai pencegahan mobil terjebak di atas rel.

Sebab misalnya dalam kondisi lalu lintas macet dan Anda berhenti tepat di atas rel, potensi mesin mobil mati lebih besar.

“Yang ketiga posisikan gigi rendah saat lewat perlintasan rel dan jaga kestabilan rpm mesin,” terang Arifin.

Antisipasi Mesin Mobil Mati Mendadak Ketika Lewat Rel Kereta (3)
Ilustrasi ganti gigi pada mobil manual. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Hal tersebut dilakukan agar torsi puncak mobil bisa dengan mudah dicapai, sehingga bisa melahap gundukan rel dan putaran mesin terjaga tidak terlalu rendah.

Bagaimana jika sudah terjebak di atas rel dan mesin mobil mati susah distarter?

Apabila sudah terlanjur terjebak di atas rel dalam kondisi mesin mobil mati, upayakan tidak panik. Segera minta bantuan petugas jaga perlintasan kereta, supaya bisa menginformasikan ada mobil yang terjebak di tengah rel.

Antisipasi Mesin Mobil Mati Mendadak Ketika Lewat Rel Kereta (4)
Kecelakaan di Perlintasan Kereta Jl. Kali Anyar Foto: TMC Polda Metro Jaya

Berikutnya bisa mencoba menekan klakson terus menerus. Hal ini dipercaya mampu mengembalikan tegangan listrik yang ada di mobil kembali normal, sehingga mesin bisa distarter lagi.

Cara tersebut diakui Arifin belum pernah dibuktikan secara ilmiah, melainkan hasil empiris beberapa orang yang pernah sukses dengan melakukan hal tadi.

“Ketika melewati medan elektrostatis, tegangan listrik yang bekerja pada ECU bisa menjadi di atas normal. Dengan membunyikan klakson, diharapkan tegangan listrik yang tinggi itu terbuang, sehingga sistem ECU bisa normal kembali. Istilahnya pelepasan energi menjadi energi suara,” pungkas Arifin.

Sumber Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *