Categories
Uncategorized

Cara Tampilkan Hewan 3D di Google Search Pakai HP Android dan iPhone


Tekno & Sains

·

15 Desember 2020 13:02

Cara Tampilkan Hewan 3D di Google Search Pakai HP Android dan iPhone

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Tampilkan Hewan 3D di Google Search Pakai HP Android dan iPhone (574075)
Kucing 3D di fitur augmented reality Google. Foto: Google via Twitter
Google baru saja menambahkan 50 hewan baru di fitur augmented reality (AR) mereka di Google Search.
ADVERTISEMENT
Mereka tidak mencantumkan daftar hewan apa saja yang ditambahkan, namun dalam preview yang mereka tampilkan di Twitter, Sabtu (12/12) hewan yang ditambahkan terdiri dari jerapah, sapi perah, kucing, zebra, babi, kuda nil, dan anjing chow chow.
Menurut catatan Android Police, Google juga telah menambahkan lebih banyak ras kucing dan anjing baru di fitur tersebut. Selain chow chow, kamu sekarang juga bisa main dengan anjing beagle, bulldog, dachsund, dan anjing lain secara virtual. Adapun untuk kucing, kamu sekarang bisa lihat kucing persia, bengal, siam, hingga sphynx.
Google sendiri telah memiliki fitur hewan 3D di fitur Search sejak 2019 lalu. Fitur ini awalnya ditujukan sebagai media anak-anak belajar lebih dekat dengan hewan yang mereka cari di Google Search.
ADVERTISEMENT
Saat fitur ini baru dirilis, Google hanya menyediakan beberapa hewan standar yang tersedia seperti harimau, singa, serigala, dan anjing. Perusahaan kemudian menambahkan lebih banyak hewan 3D pada bulan Maret, di antaranya termasuk aligator, bebek, dan landak.
Pada bulan Agustus, Google menyediakan hewan prasejarah dan artefak sejarah secara 3D melalui aplikasi Arts & Culture. Dengan demikian, kamu bisa melihat dinosaurus secara lebih dekat.
Sebelum mencoba melihat hewan 3D di Google Search, pastikan perangkat kamu telah support ya. Kamu bisa melihat daftar lengkap HP yang mendukung fitur itu di sini.
Hewan 3D dari fitur augmented reality Google Search sendiri ditampilkan berkat software ARCore yang ada di perangkat Android 7.0 ke atas atau iOS 11 ke atas. Kamu bisa dapatkan software ARCore di sini.
Cara Tampilkan Hewan 3D di Google Search Pakai HP Android dan iPhone (574076)
Cara tampilkan hewan 3D di Google Search Foto: Dok. Google
Nah, kalau perangkat kamu mendukung, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
ADVERTISEMENT

Via HP Android

  1. Buka aplikasi browser Chrome, lalu buka Google Search.
  2. Di Google Search, kamu bisa memasukan kata kunci nama hewan yang mau kamu lihat dalam bentuk 3D.
  3. Kalau hewan yang kamu cari tersedia dalam bentuk 3D, setelah hasil pencarian muncul kamu akan menemukan pilihan “Lihat dalam 3D”. Misalnya kamu mencari hewan serigala, maka geser ke bawah, klik “Lihat dalam 3D”, maka akan muncul serigala dalam bentuk 3D dengan latar belakang putih. Kamu bisa memperbesar gambar dan memutarnya 360 derajat sesuka hati.
  4. Kamu mau lihat serigala vitual ini di dunia nyata, maka di halaman tersebut, pilihlah “View in your space”. Lalu izinkan Google mengakses kamera. Nantinya, serigala virtual itu ada di tempat di mana kamu membidik kamera.
  5. Kamu juga masih bisa memperbesar atau memperkecil gambar serigala, juga memutarnya 360 derajat. Dengan menekan gambar serigala, kamu bisa melihatnya bergerak dan mengeluarkan suara mirip dengan aslinya. Kemudian, kamu bisa menyimpan gambar serigala virtual ini di galeri perangkat.
ADVERTISEMENT

Via iPhone

  1. Buka Safari
  2. Ketik kata kunci atau nama hewan yang ingin dilihat di kolom search
  3. Setelah hasil pencarian muncul, scroll dan cari panel ‘View in 3D.’
  4. Gambar hewanmu akan muncul, jika ingin menyaksikannya lewat AR, kamu tinggal klik ‘view in your space.’ jangan lupa izinkan kamera dan mikrofonmu agar bisa digunakan.
Kamu juga bisa melakukan hal tersebut melalui aplikasi Google. Berikut caranya:
  1. Unduh aplikasi Google di App Store
  2. Setelah itu, buka aplikasi yang sudah diunduh, lalu ketik kata kunci nama hewan yang akan dicari. Misal Zebra.
  3. Hasil pencarianmu lalu muncul. Scroll hingga menemukan laman ‘View in 3D.’
  4. Gambar Zebra 3D akan muncul dan kamu bisa pilih hewan lain yang tersedia di laman, bagian bawah.
  5. Jika ingin melihatnya secara AR, kamu tinggal klik ‘view in your space.’ jangan lupa izinkan kamera dan mikrofonmu agar bisa digunakan.
ADVERTISEMENT

Sumber Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *