Categories
Uncategorized

Hoaxbuster: Pandemi COVID-19 adalah Simulasi yang Dirancang oleh WHO


Hoax Buster: Tidak benar bahwa pandemi COVID-19 adalah simulasi yang dirancang oleh WHO. Foto: Facebook/Reuters

Sebuah unggahan di media sosial Facebook menyebut pandemi COVID-19 merupakan simulasi yang telah direncanakan pada 2019 oleh World Health Organization (WHO).

Berikut narasi unggahan tersebut bila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia:

WHO mengeluarkan makalah yang telah SETUJU untuk dilakukan oleh semua negara. Begitulah cara mereka membuat SELURUH dunia terkunci pada WAKTU YANG SAMA.

Tak berhenti di situ, klaim tersebut juga dilengkapi oleh link sebuah laporan yang dianggap mendukung pernyataan tersebut. Laporan itu diterbitkan pada September 2019 oleh Global Preparedness Monitoring Board (GPMB), yang digelar oleh WHO.

Faktanya, pada laporan tersebut, memang terdapat laporan pencegahan dalam mengatasi keadaan darurat kesehatan. Namun, bukan merujuk pada keadaan pandemi akibat COVID-19.

Dikutip dari situs resmi WHO, GPMB dibuat sebagai tanggapan atas keadaan darurat untuk mengatasi wabah ebola di Afrika seperti tahun 2014 hingga 2016.

Menurut data Reuters, laporan tahun 2019 itu membahas tentang perlunya negara-negara secara rutin melakukan latihan simulasi multi-sektoral, untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi ancaman kesehatan, bukan menggambarkan pandemi COVID-19 sebagai simulasi.

==

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona

Sumber Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *