Categories
Uncategorized

K-pop hingga Drakor Jadi Alasan Kemendag Kerja Sama Dagang dengan Korsel


Idola K-Pop V BTS Foto: Facebook/bts official

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto baru saja menandatangani Perjanjian Indonesia–Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) di Seoul, Korea Selatan, Jumat (18/12). Ia menegaskan hubungan dagang dengan Korsel harus terus dijalin.

Agus tidak menampik salah satu yang membuat terjalinnya kerja sama antara Indonesia dengan Korea Selatan karena adanya K-Pop.

“Tidak bisa dipungkiri salah satu faktor kedekatan Indonesia dengan Korea Selatan adalah melalui jalinan budaya Korea yang dibawa ke oleh K-Pop, drama Korea, dan variety show yang dikemas secara apik dan menarik,” kata Agus saat konferensi pers secara virtual, Jumat (18/12).

K-pop hingga Drakor Jadi Alasan Kemendag Kerja Sama Dagang dengan Korsel (1)
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat melakukan konferensi pers. Foto: Humas Kemendag

Apalagi, kata Agus, banyak masyarakat Indonesia juga tertarik mendalami budaya Korea tersebut. Agus merasa kondisi itu membuat peluang kedekatan hubungan bisnis kedua negara bisa berlangsung lama.

“Artinya di sini dalam berhubungan atau berkomunikasi khususnya dalam bisnis, budaya adalah merupakan salah satu sarana komunikasi. Nah, ini yang mempererat, memudahkan berkomunikasi khususnya di bidang perdagangan,” ungkap Agus.

“Ini akan membawa hal-hal yang sifatnya lebih praktis, kalau budaya ini ada hal sudah saling tertarik baik Korea tertarik budaya Indonesia, dan ini akan menjadi hal yang sangat membantu sarana dalam komunikasi khususnya meningkatkan hubungan kedua negara,” tambahnya.

Namun, Agus belum bisa membeberkan apakah kerja sama dengan Korea Selatan membuat barang atau produk K-Pop bisa didapatkan lebih murah. Ia hanya menegaskan kerja sama harus segera diimplementasikan.

Sumber Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *