Categories
Uncategorized

Profil Celine Chuang, Pemain Wanita Malaysia yang Perkuat Bayern Muenchen


Bola & Sports

·

11 Desember 2020 14:22

Profil Celine Chuang, Pemain Wanita Malaysia yang Perkuat Bayern Muenchen

Konten ini diproduksi oleh Info Bola
Profil Celine Chuang, Pemain Wanita Malaysia yang Perkuat Bayern Muenchen (107747)
Bendera dengan logo Bayern Muenchen di Allianz Arena. Foto: REUTERS/Michael Dalder
Pemain Timnas Wanita Malaysia U-15, Celine Chuang, menciptakan sejarah baru sebagai pesepak bola wanita pertama Malaysia yang bermain untuk Bayern Muenchen.
ADVERTISEMENT
Bercita-cita menjadi pemain sepak bola profesional di Bundesliga dan Piala Dunia, Celine mengambil langkah berani dan mengikuti seleksi di Bayern Muenchen pada Februari lalu.
“Semua usaha saya selama bertahun-tahun terbayar ketika saya terpilih sebagai salah satu pemain yang tergabung dengan skuad FC Bayern Muenchen wanita U-17,” ucap Celine dikutip dari situs resmi Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM).
Celine sebelumnya pernah mengikuti pelatihan bersama FC Wacker Munchen e.V. dan tergabung dalam tim U-15 pria. Nama Celine mulai dilirik saat membela tim FC Wacker München e.V., terutama saat menyumbangkan satu gol untuk tim tersebut.
Tergabung dalam tim pria tidak membuatnya kesulitan. Sebelumnya, Celine sudah pernah berlatih bersama tim putra U-13 dan U-15 di akademi Cruzeiro Thailand. Berkat pengalamannya tersebut, Celine tidak terlalu sulit untuk beradaptasi bersama rekan setim pria.
ADVERTISEMENT
Sosok Celine Chuang membuktikan bahwa gender bukan menjadi sebuah penghalang untuk menghentikan bakatnya bermain sepak bola. Celine juga membuktikan bahwa wanita mampu bersaing dalam dunia sepak bola yang termasuk olahraga dengan dominasi pria.
Celine turut membagikan pengalamannya selama empat bulan mengikuti pelatihan di Jerman. Dia menyebutkan, kendala awal yang dialami adalah cuaca dan bahasa. Baginya, butuh beberapa waktu untuk membiasakan diri berlatih di cuaca dingin dan melakukan penyesuaian bahasa.
“Terlepas dari tantangan yang ada, di sini sangat ramah kepada saya sejak awal. Berkat itu, saya bisa beradaptasi sejak tiba di Jerman pada Juni lalu. Saat ini saya menjalani pelatihan online karena pembatalan kompetisi dan liga akibat adanya pandemi COVID-19,” kata Celine.
ADVERTISEMENT
Prestasi yang diraih Celine saat ini berawal dari kecintaannya kepada sepak bola setelah menyaksikan kakak perempuan dan laki-lakinya bermain sepak bola.
Celine mulai berlatih sepak bola dengan serius pada usia 11 tahun di Persatuan Sukan Bintang Biru (PSBB), Penang. Karena ingin meningkatkan pelatihannya menjadi lebih baik lagi, dia kemudian pindah ke Phuket, Thailand.
Saat tinggal di Thailand, Celine menjalani pelatihan di British International School Phuket (BISP) Cruzeiro Football Academy selama dua tahun sebelum akhirnya pindah ke Munich, Jerman.

Sumber Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *