Categories
Uncategorized

Ribuan Unggas di Prancis dan Denmark Dimusnahkan Akibat Flu Burung


News

·

17 November 2020 5:24

Ribuan Unggas di Prancis dan Denmark Dimusnahkan Akibat Flu Burung

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ribuan Unggas di Prancis dan Denmark Dimusnahkan Akibat Flu Burung (11785)
Pedagang memilih ayam potong untuk dijual ke pasar di sebuah peternakan di Malang, Jawa Timur. Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Prancis dan Denmark menemukan kasus flu burung pada Senin (16/11). Kasus di dua negara itu ditemukan tidak lama setelah temuan kasus di Belanda.
ADVERTISEMENT
Ada ratusan ayam dimusnahkan di Pulau Corsica, Prancis. Sedangkan di Denmark, ada lebih dari 25.000 burung yang dimusnahkan.
Kementerian Kesehatan Prancis meminta masyarakat tidak perlu mengubah kebiasaan mereka mengkonsumsi produk unggas. Sejauh ini seluruh produk unggas masih aman selagi dilakukan dengan teknik dan lama waktu pemasakan yang memadai.
“Konsumsi daging, foie gras dan telur-dan secara umum produk makanan apa pun-tidak menimbulkan risiko apa pun bagi manusia,” kata Kementerian Kesehatan Prancis dikutip dari AFP, Selasa (17/11).
Ribuan Unggas di Prancis dan Denmark Dimusnahkan Akibat Flu Burung (11786)
Pedagang menyiapkan ayam potong untuk pembeli di salah satu peternakan ayam di Jakarta. Foto: Rivan Awal Lingga/Antara Foto
Prancis juga sudah memerintahkan upaya perlindungan nasional salah satunya dengan mewajibkan pengawasan ketat terhadap seluruh unggas.
Unggas ternak, wajib diisolasi dan dibatasi dari kemungkinan kontak dengan burung liar. Sementara pemerintah Denmark telah menangguhkan ekspor telur dan ayam ke luar wilayah Uni Eropa.
ADVERTISEMENT
Virus yang dinilai tidak berbahaya bagi manusia namun berpotensi merusak keseimbangan sektor pertanian, sejauh ini telah terpantau muncul di Belgia, Belanda, Rusia, Irlandia, dan Inggris.
Sebelumnya, para pejabat Belanda mengatakan awal November ini telah memusnahkan lebih dari 200.000 burung.
Tak hanya itu, peternak itik di barat daya Prancis juga telah terkena dua kali imbas dalam beberapa tahun terakhir akibat virus ini. Hadirnya virus memicu pemusnahan massal yang merugikan produsen ratusan juta euro.

Sumber Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *